REDER - GT (Remaja Dasan Geres Tengah)

Informasi tentang Kota Dasan Geres serta daerah sekitarnya. Serta kegiatan-kegiatan remaja dan masyarakat dalam membangun Kota. Kemudian update Berita-berita terbaru Nasional dan Internasional.

Inilah Alasan Kenapa 3 Olahraga Di Sunnahkan Nabi

olahraga sunnah
gambar via google

Olahraga tentunya sangatlah bermanfaat bagi kesehatan kita semua , apapun olahraganya pasti memliki manfaat yang berbeda-beda bagi fisik dan jasmani kita . Nah tahukah kita nabi menganjurkan kita untuk melakukan 3 olahraga ini , apa sajakah itu nerikut kita simak.
Pertama, berenang, karakter orang yang sedang belajar berenang adalah belajar menjaga keseimbangan dan gerak tubuh .Begitu juga dengan menjalani kehidupan ini, kita dituntut untuk selalu menjaga keseimbangan, keserasian, keharmonian, keberanian dan selalu bergerak dalam menyongsong kehidupan kini dan nanti.
Sebab, hidup itu harus dinamis tidak statis, hidup itu penuh tantangan maka harus dihadapi, hidup itu adalah sarat dengan kompetisi sehingga hanya orang yang lebih siap, yang akan menjadi pemenangnya, Islam menganjurkan ‘Fastabiqul Khoirot’ berlomba-lombalah dalam kebaikan.

Kedua perintah berkuda, olahraga berkuda merupakan salah satu olahraga yang menggabungkan antara emosional, intelektualitas dengan kekuatan fisik. Pesan moral yang terkandung dalam perintah berkuda ini adalah, perintah untuk membekali anak kita tentang manajemen kepemimpinan.

Ketiga yaitu, ajari anakmu memanah, memanah sangat membutuhkan tingkat konsentrasi yang tinggi, ketenangan emosi, keseimbangan, kekuatan untuk dapat melesatkan anak panah dan membidik suatu sasaran.

Itulah ketiga olahraga sunnah yang sangat bermanfaat ddari yang lainnya , seperti hadist berikut ini.

 كُلُّ شَئْ ٍلَيْسَ فِيْهِ ذِكْرُ اللهِ فَهُوَ لَهْوٌ وَلَعِبٌ إِلاَّ أَرْبَعٌ مُلاَعَبَةُ الرَّجُلِ امْرَأَتَهُ وَتَأْدِيْبُ الرَّجُلِ فَرَسَهُ وَمَشْيُهُ بَيْنَ الْغَرْضَيْنِ وَتَعْلِيْمُ الرَّجُلِ السِّبَاحَةَ 
"Dari Jabir bin Abdillah radhiyallahuanhu bahwa Rasulullah SAW bersabda,"Segala sesuatu yang di dalamnya tidak mengandung dzikrullah merupakan perbuatan sia-sia, senda gurau, dan permainan, kecuali empat (perkara), yaitu senda gurau suami dengan istrinya, melatih kuda, berlatih memanah, dan mengajarkan renang.” (HR. An-Nasa’i).

Oleh @yanie_gisselya ‪#‎kartunmuslimah‬
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Inilah Alasan Kenapa 3 Olahraga Di Sunnahkan Nabi"