REDER - GT (Remaja Dasan Geres Tengah)

Informasi tentang Kota Dasan Geres serta daerah sekitarnya. Serta kegiatan-kegiatan remaja dan masyarakat dalam membangun Kota. Kemudian update Berita-berita terbaru Nasional dan Internasional.

Cegah Pertambangan Pasir Yang Akan Dilakukan Di beberapa Titik Di pulau Lombok

Salah satu Tempat wisata di pulau Lombok
Salah satu Tempat wisata di pulau Lombok Via google

Siapa sih yang tidak tau Pulau Lombok , hampir semua penjuru Indonesia dan Asia , serta Dunia pun tahu akan pulau yang cantik ini. Ya pulau lombok adalah salah satu pulau yang terletakk di sunda kecil lebih tepatnya Nusa Tenggara Barat ini , yang dimana dipisahkan oleh selat Lombok dari Bali di seblah barat dan selat Alas disebelah Timur dari Sumbawa. Yang luasnya sekitar 1.842 mi2 terletak di Provinsi NTB dengan perkiraan jumlah penduduk di tahun 2010 sekitar 3.167 juta jiwa.

Pada tahun 2015 kemarin tepatnya pada bulan Oktober heboh dengan berita yang dimana akan diadakannya pertambangan di beberapa titik yaitu di perairan sekitar Labuhan Haji, Lombok Timur (Lotim) dan periaran Sekotong, Lombok Barat (Lobar).Sedangkan kita ketahui tempat-tempat tersebut merupakan tempat andalan dari wisata di pulau lombok , seperti di daerah sekotong , banyak sekali Gili-gili yang ada disana.

Dan siapakah yang akan melakukan penambangan pasir ini, PT Dinamika Atria Raya (DAR) dan PT Timur Sukses Bersama (TSB), dua perusahaan inilah yang berencana melakukan pengerukan pasir laut di daerah kita tercinta. Lombok terkenal dengan keindahan lautnya , sehingga jikalau sampai terjadi penambangan ini entah apa jadinya pulau lombok kedepannya.

Tapi tenang Badan Koordinasi Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (BKPM-PT) Provinsi NTB akhirnya angkat suara. Ia memastikan, Pemprov NTB tak akan memberi izin pertambangan pasir di area konservasi laut.
“Haram hukumnya, kita berikan izin pertambangan di area konservasi,” tegas Kepala BKPM PT NTB Ridwan Syah, kemarin (9/10).
Namun apakah hal itu cukup untuk menolak , itu terjadi tahun kemarin sekitar 3 bulan yang lalu dan bulan ini PT Dinamika Atria Raya (DAR) dan PT Timur Sukses Bersama (TSB) kembali menguatkan niat mereka , banyak dari gerakan gerkan pemuda yang menolak serta masyarakat sekitar, dan tak kalah dari pulau Bali pun turut ikut serta menolak. Posterpun sudah disebar .
poster Via group facebook
Via group facebook

Kata-kata yang diikuti sambil membagikan poster pun diselipkan seperti berikut ini.
"Tunggu apa lagi suarakan penolakan.Cerita keindahan pantai lombok. Keindahan bawah laut pantai d lombok akan menjadi dongeng jika kita diam.
Benar sekali jika hal tersebut terjadi maka Lombok dengan pantainya akan menjadi sebuah kenangan belaka dan menjadi masa lalu. Lebih baik kita memperthankan jika harus memperbaikai karena saat sekitar  80 juta kubik diambil itu akan membuat lubang yang sangat dalam untuk perairan dan akan merusak keindahan bawah laut. Entah rencana mereka melakukan penambangan sudah berjalan tampa kita sadari , atau masih renacana. Semoga saja ini masih rencana karena kita bisa menghentikannya .

Beberapa tempat dipulau lombok juga sudah menjadi tempat penambangan salah satunya di daerah Lombok barat tepatnya di Pantai Endok, Desa Taman Ayu, Kecamatan Gerung, Lombok Barat, Lobar, Nusa Tenggara Barat (NTB) juga terdapat penambangan pasir dan batu bara yang menyebabkan pantai tersebut sudah kotor dan keruh. Bukan hanya pantai Bukit dan gunung disekitar pantai juga sudah hampir rata.

Pemerintah sekitar mungkin sudah berusaha mencegah tapi apakah masyarakat sekitar juga membantu. Padahal yang akan mendapatkan dampak semuanya yaitu masyarakat sekitar , berawal dari pengunjung yang berkurang membuat sumber penghasilan pendagang juga ikut hilang dan nelayan juga tidak bisa untuk menangkap ikan . Padahal kalau kita perhatikan pantai Endok salah satu tempat yang bisa menyaksikan matahari tenggelam dengan jelas , tanpa ada halangan dari apapun.

Tunggu apalagi apakah kalian rela pulau kita nan indah ini menjadi tempat galian yang membuat keindahan nya menjadi sebuah dongeng belaka . 
"Jangan tunggu-tunggu ayo mulai dari sekarang tolak penambangan yang akan terjadi saat ini hingga nanti. ( reder-gt )."

Sumber : Lombok post dan Group FB
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Cegah Pertambangan Pasir Yang Akan Dilakukan Di beberapa Titik Di pulau Lombok"