REDER - GT (Remaja Dasan Geres Tengah)

Informasi tentang Kota Dasan Geres serta daerah sekitarnya. Serta kegiatan-kegiatan remaja dan masyarakat dalam membangun Kota. Kemudian update Berita-berita terbaru Nasional dan Internasional.

Perayaan Maulid Nabi

Muhammad SAW
Muhammad SAW

Maulid Nabi Muhammad SAW atau sebut dengan kata Molud untuk Desa Dasan Geres, merupakan sebuah agenda memperingati hari lahirnya Nabi Agung kita semua yaitu Nabi Muhammad SAW , yang jatuh pada setiap tanggal 12 Rabiul Awal dalam Penanggalan Hijriyah dan untuk penanggalan Masehi jatuh pada Kamis 24 Desember 2015 , namun Acara maulid di daerah pulau lombok khususnya daerah Dasan Geres Dirayakan pada tanggal 26-27 Desember 2015. Dimana setiap desa di pulau Lombok merayakan maulid Nabi di waktu yang berbeda-beda dikarenakan agar bisa saling mengundang dalam perayaan tersebut. Seperti semisalkan Desa Dasan Geres Dibagi menjadi Dasan Geres Tengah , Dasan Geres Barat dsb. Nah Otamatis Desa Dasan Geres Tengah mengundang Desa tetangga dan sebaliknya. Ini agar mempererat Tali Silaturahmi.

Bukan hanya setiap desa ini juga bisa memperkuat tali silaturahmi antar individu , seperti saling mengundang antar keluarga, teman dan sahabat tentunya. Berbagai agenda terlaksana , seperti berikut ini:
  • Mengundang Masyarakat / Perwakilan dari pemuka Masyarakat dari Setiap Desa Sekitar seperti yang saya jelaskan sebelumnya , biasanya diselenggarakan di masjid Masing-masing Desa.
Hidangan Maulid
Hidangan Maulid
Hidangan Penutup
Hidangan Penutup

  • Uniknya hidangan tersebut bukan diidangkan oleh satu orang saja melainkan dari seluruh masyarakat Desa yang menjadi Tuan rumah dalam acara tersebut , inilah bentuk solidaritas dan kekeluragaan dalam setiap desa yang ada.
Masyarakat sedang Membawa Hidangan
Masyarakat sedang Membawa Hidangan
  •  Setelah selesai acara tentunya Hidangan tersebut kadang sisa dan lantas tidak dibuang , melainkan Hidangan tersbut di pilah manakah hidangan-hidangan yang belum disentuh oleh tangan dan dibawa pulang , atau terkadang di bagi-bagikan.
Proses Memilah
Proses Memilah

Proses Bersih-bersih
Proses Bersih-bersih
  •  Setelah Acara tersebut tak lantas selesai melainkan agenda selanjtnya yaitu Tamatan , Tamatan merupakan sebuah agenda dari masyarakat desa yang artinya Menghatam Al-quran , dimana yang menjadi peserta yaitu dari Murid-murid dari seluruh Guru Ngaji di Desa Tersebut yang kemudian di Test Masing-masing peserta kemudian di Simak oleh para Ustd yang hadir. Dan saya juga pernah menjadi peserta ,hehe

Peserta tamatan
Peserta tamatan

Sesi Acara
Sesi Acara
  •  Dan kegiatan selanjutnya yaitu Ngurisan diaman acara ini merupakan cukur rambut bayi yang baru lahir.
Sesi Ngurisan
Sesi Ngurisan

Peserta Ngurisan
Peserta Ngurisan
  •  Sore pun datang tentunya adalah waktunya untuk tertawa dan bergira bersama dengan kegiatan lomba-lomba yang unik dan menarik seperti berikut ini.

Suasana panjat pinang/jurakan
Suasana panjat pinang/jurakan

Pembagian Doorprize
Pembagian Doorprize
 Itulah beberapa rangkain Acara Maulid Nabi Muhammad SAW di desa Dasan Geres Tengah , Kec.Gerung Kab.Lombok Barat Prov.NTB. Begitu banyak keunikan dari masing-masing Daerah dan banyak sekali adat-adat yang harus kita lestraikan dan kita tularkan ke penerus-penerus selanjutnya.
Peringatan Maulid Nabi SAW, Agar Tidak Menjadi Tradisi dan Seremoni Belaka Namun Juga Menjado Ajang Silaturahmi Antar Desa Dan Individu Masing-Masing.
Jangan Lupa Like serta Komentarnya , dan jangan lupa dibagikan ya, agar menjadi contoh untuk semua orang.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Perayaan Maulid Nabi"